Minggu, 15 Maret 2009

anjing pelacak ponsel


Kasus penyelundupan ponsel ke dalam penjara dikhawatirkan dapat membantu para narapidana alias napi untuk bertransaksi obat-obatan terlarang, atau bahkan merencanakan pelarian. Untuk mengatasinya, Department of Corrections Florida mengerahkan anjing pelacak.

Anjing tersebut diberi nama Razor. Anjing berusia 14 bulan ini telah mendapatkan pelatihan khusus selama delapan minggu di pusat pelatihan Southern Hills Kennels, di kawasan pantai New Smyrna.

"Sama seperti anjing pelacak narkoba, Razor dilatih untuk mencium dan mencari keberadaan ponsel," kata juru bicara Department of Corrections, Gretl Plessinger.

Razor, seperti dikutip detikINET dari Cellularnews, Senin (6/10/2008), didonasikan ke Department of Corrections oleh Animal Welfare Foundation of Winter Garden. Razor akan mulai bertugas di penjara Florida mulai pertengahan November mendatang.

Razor merupakan anjing pertama yang secara ekslusif bertugas di penjara Florida untuk melacak ponsel. Keberadaan Razor, lanjut Plessinger, akan sangat membantu para petugas di penjara seiring makin kecilnya ukuran ponsel yang semakin mudah juga untuk diselundupkan.

Terhitung sejak 1 Juli 2007 sampai 30 Juni 2008 lalu, tercatat ada 336 ponsel yang berhasil disita dari tangan napi di penjara Florida. Peraturan baru ini diharapkan akan menjadi langkah yang baik untuk meminimalisir kasus-kasus semacam itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar