Minggu, 22 Maret 2009

Apakah Anda Merantai Anjing Anda?



Ada beberapa alasan mengapa anjing dirantai. Banyak orang berpikir bahwa anjing seharusnya hidup di luar rumah, dan mereka tetap mengikatnya karena tidak ingin anjing mereka kabur atau menggali taman. Atau mungkin anjing tumbuh terlalu besar untuk berada di dalam rumah, atau mungkin memiliki perilaku yang tidak dapat ditangani pemiliknya, sehingga anjing dibiarkan di halaman. Atau mungkin anjing ada di luar rumah untuk melindungi rumah.


Merubah Pola Pikir dalam merantai

Apapun alasannya, banyak juga pemilik anjing terlihat masih merantai anjing. Dan juga banyak komunitas yang menentang merantai anjing dalam jangka waktu yang lama.


Mengapa?

Pertama, banyak orang yang mempelajari bahwa mengikat anjing secara berkepanjangan membawa dampak buruk bagi anjing tersebut. Sebagai hewan yang hidup berkelompok, anjing gemar bersosialisasi dan keleluasaan bergerak penting bagi perkembangan jiwanya. Dengan kata lain anjing yang awalnya ramah dan bahagia akan mendapat gangguan emosional : tidak bahagia, gelisah, dan agresif , ketika terus terikat dan terisolasi. Penelitian menyatakan bahwa anjing yang dirantai lebih sering menggigit daripada anjing yang tidak dirantai.

Sebagai tambahan, anjing yang dirantai dapat secara tidak sengaja mencekik dirinya sendiri apabila mereka terikat terlalu dekat dengan pagar dan berusaha untuk melompati pagar tersebut. Anjing yang terikat juga dengan mudah menjadi sasaran serangan oleh hewan-hewan lain, atau manusia-manusia yang kejam.

Melepaskan anjing anda dari rantai

Alasan kedua yang yang menyebabkan banyak anjing berakhir di rantai adalah pemilik anjing yang ingin menyelesaikan masalah dengan cepat dan mudah dengan cara mengikat anjing mereka di luar rumah. Rantai anjing, jauhkan dari lokasi keluarga dan masalah selesai. Apabila anda ingin mempertimbangkan kesejahteraan fisik dan psikologis selain tali atau rantai, coba pertimbangkan saran berikut:

1. Memasang pagar atau membuatkan lahan tersendiri untuk ruang anjing anda tinggal. Pastikan tempat itu memenuhi syarat luas minimum.

2. Apabila anda telah memiliki pagar dan anjing anda dapat melompatinya, pasanglah tambahan yang mengarah kedalam dengan sudut 45 derajat pada puncak pagar anda. Banyak toko bangunan yang menjual bahan tambahan-tambahan seperti ini.

3. Apabila anjing anda menggali tanah dibawah pagar dan kabur dari halaman anda, tanamlah kawat ayam sedalam 1 kaki dibawah tanah dimana pagar tersebut dipasang (pastikan untuk menekuk ujung yang tajam). Atau letakkan batu besar dibawah pagar tersebut.

4. Apabila anjing anda menggali ditempat yang tidak anda inginkan (seperti di kebun, atau rangkaian bunga), pertimbangkan untuk meletakkan pagar kebun plastic atau sejenis halangan disekitar area tersebut. Atau sediakan anjing anda sebuah kotak pasir. Kubur mainan didalam kotak pasir tersebut dan gunakan sedikit bantuan positif untuk melatih anjing anda bahwa tidak apa-apa apabila menggali disana.

5. Daftarkan anjing anda untuk mengikuti kelas kepatuhan, terutama apabila alasan anjing dibiarkan diluar rumah adalah perilaku/kepatuhannya

6. Sterilkan anjing anda. Anjing yang sudah disteril biasanya lebih tenang dan lebih senang berada di rumah. Ini adalah prosedur aman yang memiliki keuntungan dalam segi kesehatan dan perbaikkan sifat anjing. Tanyakan kepada dokter hewan langganan anda untuk informasi lebih lanjut.

7. Ingat bahwa sifat anjing seperti galak/agresif, menyalak, mengunyah, dan menggali biasa merupakan hasil dari penyebab tertentu. Dengan menyediakan mainan yang layak bagi anjing anda, latihan, waktu bersama manusia dan dorongan yg positif, anda mungkin dapat merubah perilakunya sehingga dapat diterima didalam rumah. Sebagai tambahan, seekor anjing yang berada didalam rumah akan lebih berguna dalam menghalangi penyusup memasuki rumah anda daripada seekor anjing yang diikat di halaman.

Memberikan anjing anda tempat yang layak

Anjing yang dibiarkan diluarjuga merasakan kedinginan dan kepanasan. Untuk melindungi anjing anda dari cuaca buruk, sediakan rumah anjing yang cukup baik. Bagaimanapun, ingatlah dalam pikiran anda, bahwa sebagian jenis yang memiliki bulu yang sangat panjan g atau sangat pendek tidak dapat menoleransi suhu yang berlebihan, meskipun telah disediakan rumah anjing yang cukup baik. Juga tolong diingat, apabila anda memiliki lebih dari 1 ekor anjing, anda harus menyediakan rumah terpisah untuk masing-masing anjing.

Rumah anjing adalah tempat anjing tidur dan beristirahat, bukan diartikan sebagai daerah tempat anjing bermain.

Untuk membangun sebuah rumah anjing yang nyaman untuk anjing anda, pertimbangkan beberapa saran dibawah ini :

1. Rumah anjing tersebut harus cukup besar untuk anjing tersebut dapat berdiri dan berputar dengan nyaman. Namun cukup kecil agar anjing tersebut dapat menjaga kehangatan didalam rumahnya.

2. Rumah tersebut harus memiliki kemiringan yang cukup dan atap yang baik agar air dapat mengalir dengan mudah.

3. Jangan bangun rumah anjing di tengah kebun/tanah. Kondisi ini mempermudah penyebaran kutu dan penyakit, becek dan lembab serta tidak sehat untuk anjing.

4. Pintu rumah tersebut harus cukup besar untuk anjing anda keluar dan masuk dengan mudah.

5. Pastikan rumah anjing memiliki penutup untuk menghindarkannya dari panas dan hujan.

6. Pastikan kebersihan rumah anjing, terutama pada saat musim hujan yang lembab. Pastikan untuk selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal anjing sehingga anjing bebas dari kutu.

7. Tempat tidur yang bersih dan kering, seperti kain bekas dan selimut atau perlak bayi dapat digunakan. Tempat tidur tersebut sebaiknya dibersihkan setiap minggu untuk menjaga kebersihannya.

8. Setiap kali anjing anda berada di luar, pastikan ketersediaan air bersih di sebuah mangkuk atau baskom besar.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar